RSS Feed

Urgensi Keteladanan Guru dan Konselor dalam Perkembangan Moral-Spiritual Anak Usia Sekolah Dasar

Perilaku guru dan konselor yang diperlukan untuk mengembangkan moral-spiritual dapat diambil beberapa indikator utama yang sangat penting dan harus ada dalam kepribadian guru, wali kelas, maupun konselor di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyyah, antara lain: (1) Memiliki rasa tanggung jawab kepada Tuhan (Allah), (2) Memiliki semangat untuk hanya mengharapkan ridha Tuhan (Allah), dan (3) Bertindak di atas kebenaran Tuhan (Allah) yang tertulis dalam Kitab-Nya dan terwujud dalam akhlak Rasul-Nya.

selengkapnya...

Sat, 25 Jan 2020 @13:39

Terapi Psikologi Agama untuk Perilaku Cabul

Psikologi agama memandang dari sudut pandang yang berbeda tetapi lebih komprehensif. Penyimpangan perilaku dan kejahatan menggambarkan lemahnya kekuatan spiritual-religi individu. Kekuatan tersebut memiliki banyak dimensi. Muara dari semua dimensi tersebut adalah ilmu (knowlegde) dan iman (belief). Dalam dimensi iman terdapat aspek muraqabah (surveillance), yaitu merasa dirinya diawasi oleh Sang Maha Pencipta. Kelemahan pada aspek ini memicu manusia bertindak melanggar batas.

selengkapnya...

Sat, 25 Jan 2020 @13:03

Posmodernisme: Politik Pemikiran Menantang Islam (4)

LIberalisasi pemikiran keagamaan Islam yang akhir-akhir ini mendapatkan momen euforianya, bukanlah sebuah tajdid atau pembaruan, tapi melainkan tak lebih dari upaya membebek atau mengadopsi secara membabi-buta terhadap tradisi intelektual Barat yang dekonstruksionis dan dekstruktif. Oleh karena itu, umat Islam harus mempertahankan dan mengembangkan tradisi keilmuan yang bersumber dari Al-Qurân, Sunnah, dan warisan tradisi intelektual Islam.

selengkapnya...

Sat, 25 Jan 2020 @09:40

Posmodernisme: Politik Pemikiran Menantang Islam (3)

Mengapa banyak sarjana Muslim yang tertarik pada rayuan posmodernisme? Dalam sebuah perkualiahan, Nirwan Syafrin Manurung menjelaskan bahwa beberapa faktor yang mendorong para sarjana Islam menggunakan framework posmodernisme dalam kajian Islam; yakni : frustrasi atas kemunduran umat Islam dan bangsa Arab pada khususnya, kekalahan bangsa Arab atas Israel pada Perang Enam Hari tahun 1967, frustasi terhadap pemerintah Arab yang semakin otoriter, dan frustasi atas maraknya gerakan kebangkitan Islam.

selengkapnya...

Wed, 15 Jan 2020 @07:43

Posmodernisme: Politik Pemikiran Menantang Islam (2)

Tantangan posmodernisme bagi umat Islam semakin berat ketika paham ikutan yang dibawa posmodernisme, kemudian dijadikan sebagai landasan berpikir para sarjana Islam semacam Muhammad Abid al-Jabiri, Mohammad Arkoun, Hassan Hanafi, Nashr Hamid Abu Zayd, Muhammad Syahrur, dan lain-lain. Di tangan para sarjana Islam kontemporer ini, posmodernisme berhasil menancapkan pengaruhnya dalam kajian Islam.

selengkapnya...

Sun, 12 Jan 2020 @14:43

Posmodernisme: Politik Pemikiran Menantang Islam (1)

Post-mo, sebutan populer untuk sebuah gerakan pemikiran dengan jurus "dekonstruksi" terhadap segala aspek dalam pemikiran tentang hidup dan kehidupan. Posmodernisme, inilah gerakan pemikiran pascamodernisme yang menginterpretasi secara skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra. Lantas, bagaimana jurus dekonstruksinya jika menghadapi konsep-konsep Islam? Tulisan Ust. Nanang Qosim, S.E., M.PI. di situs inpasonline, layak untuk menjadi rujukan.

selengkapnya...

Fri, 10 Jan 2020 @06:47

Ikhtiar Menjadikan Anak Wasilah Cinta Ilahi (2)

Tak sedikit orang yang terpesona atas karunia anak di tengah kehidupannya. Banyak yang lupa pada sisi lain dari anaknya, bahwa ia adalah cobaan. Demi anak, orang tua terperdaya hingga terlepas jauh dari mendekatkan diri pada Allah. Padahal, hakikat anak adalah wahana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

selengkapnya...

Thu, 9 Jan 2020 @09:36

Ikhtiar Menjadikan Anak Wasilah Cinta Ilahi (1)

Siapa saja yang menyadari hakikat anak sebagai wasilah untuk mendapatkan cinta dan ridho Allah, maka ia berkesempatan untuk mendapatkan dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan dalam keberkahan hidup di dunia bersama keluarga. Kedua, kebahagiaan di akhirat, yaitu masuk Surga bersama-sama.

selengkapnya...

Wed, 8 Jan 2020 @15:25

Welcome
image

Daris Tamin

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2020 daristamin.com · All Rights Reserved