RSS Feed

Makna Qana'ah

QUOTES

Syair Imam Asy-Syafi’i

إِذَا مَا كُنْتَ ذَا قَلْبٍ قَنُوْعٍ ….. فَأَنْتَ وَمَالِكُ الدُّنْيَا سَوَاءُ

Idzaa kunta dzaa qalbin qanuu’in fa anta wa maalikud-dunya sawaa-un

Jika engkau memiliki hati yang selalu qona’ah …

maka sesungguhnya engkau sama seperti raja dunia

(Diiwaan Al-Imaam Asy-Syaafi’i)

 

SIKAP QANA’AH

Qana’ah adalah sikap apa adanya untuk menerima semua keputusan Allah. Qona’ah adalah sikap merasa cukup terhadap apa yang telah Allah takdirkan untuk kita. Jika demikian sikap seorang yang qana’ah, maka sesungguhnya dia tidak ada bedanya dengan raja dunia. Kedudukannya seorang yang qana’ah sama dengan raja di dunia. Segala kepuasan yang dirasakan oleh raja dunia dengan limpahan harta kekayaan yang melimpah ruah, maka hal yang sama juga dirasakan oleh seorang yang qana’ah walaupun dengan harta yang sedikit. Tetapi, karena hatinya merasa puas dengan segala keputusan Allah bagi dirinya, maka ia berbahagia.

Seseorang yang senantiasa mampu menerima semua keputusan Allah untuk dirinya, menunjukkan bahwa ia benar-benar mengimani takdir Allah. Adapun takdir Allah adalah salah satu rukun dari enam rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap orang yang beriman. Sebaliknya, seseorang yang sulit bersikap qana’ah, maka ia belum benar-benar ada pada keimanan yang baik terhadap takdir. Dengan kata lain, satu pilar keimanannnya belum kokoh tertancap dalam jiwa dan raganya.  

Berapa banyak orang-orang kaya yang kenyataannya tidak merasakan kebahagiaan. Apa yang ada di tangannya, tidak membuatnya merasa nyaman dan tenteram. Perasaan takut dan khawatir terhadap hartanya jauh lebih besar daripada hartanya itu sendiri. Sungguh, apa yang kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan jauh lebih sedikit dibandingkan hartanya yang melimpah ruah tersebut.

Hakikat kaya adalah kaya jiwa. Rasulullah bersabda, “ Bukanlah kekayaan itu banyaknya harta benda, akan tetapi kekayaan yang adalah kaya jiwa” (HR Al-Bukhari/6446 dan Muslim/1050). Jiwa yang kaya adalah jiwa yang selalu merasa cukup dengan apa yang Allah berikan dan takdirkan kepada dirinya. Selalu bersyukur terhadap apapun yang berikan. Senantiasa meyakini bahwa rezeki adalah yang ada di tangan Allah bukan apa yang ada di tangannya.

Semoga kita dimudahkan untuk memiliki sikap qana’ah. Aamiin.

 

Wed, 10 Sep 2014 @21:24


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Daris Tamin

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2018 daristamin.com · All Rights Reserved