RSS Feed

PUASA MENAJAMKAN FIRASAT (Bag. 1)

Diceritakan dalam atsar yang sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Suatu hari Umar bin Khattab sedang berkhutbah di atas mimbar di Madinah. Secara tiba-tiba, di tengah khutbahnya beliau berteriak keras, “Wahai Sariyah, berlindunglah ke gunung! Berlindunglah ke gunung!” Sontak hadirin keheranan dengan ucapan Umar.

Umar bin Khattab menjelaskan bahwa saat khutbahnya tersebut, Allah membukakan tabir pertempuran yang sedang terjadi di Iraq. Pasukan yang dipimpin oleh Panglima Sariyah bin Zunaim, yang diutus untuk berperang di Iraq sedang dikepung musuh. Seolah-olah hadir dalam pertempuran itu, Umar memberikan perintah kepada Panglima Sariyah untuk berlindung ke gunung.

Al-Utsaimin menjelaskan bahwa yang dialami oleh Umar bin Khattab adalah buah dari firasat yang diberikan Allah. Firasat yang benar merupakan buah dari ketakwaan. Sesungguhnya Allah memberikan firasat kepada orang yang bertakwa. Firasat adalah ilmu dari Allah yang dibukakan kepada seseorang tapi tidak dibukakan kepada yang lain.

Seseorang yang diberikan firasat yang benar dan tajam dari Allah akan terlihat berbeda dari yang lainnya. Hanya dengan melihat saja, seseorang yang memiliki firasat yang benar dan tajam dapat mengetahui seseorang itu berdusta atau jujur, baik atau buruk, bahaya atau tidak. Ibnul Qoyyim bahkan membolehkan seorang hakim menghukumi suatu perkara menggunakan firasat.

Setiap manusia diberi karunia firasat. Tetapi kualitas firasat seseorang sangat tergantung pada kualitas iman dan takwanya kepada Allah. Firasat merupakan k ekuatan yang diberikan Allah. Walaupun dianggap tanpa rasionalisasi sadar, firasat tetap berpijak pada pengetahuan dan tentang tanda-tandanya akan memandu seseorang untuk bertindak, yang tindakannya dianggap keluar dari nalar.

 

Tue, 23 Jun 2015 @16:48


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+2+7

Welcome
image

Daris Tamin

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2018 daristamin.com · All Rights Reserved