RSS Feed

Cara Lain Meneliti Tapi Tetap di Rumah (3)

Analisis Konten

Meta analisis dan meta sintesis bukan metode baru. Kedua metode ini sudah sejak lama digunakan dalam berbagai bidang ilmu. Kelebihan dan kekuranganya tentu akan menjadi bagian dari khazanah dalam metodologi penelitian. Selain kedua metode ini, ada lagi teknik penelitian yang memungkinkan tidak menuntut ke lapangan untuk pengumpulan data, yaitu analisis konten/isi. Istilah ini sering digunakan pada bidang-bidang ilmu yang nuansa penelitiannya berupa analisis terhadap literatur/pustaka dan penelaahan kritis terhadap diskursus-diskursus, baik berupa sistem berpikir, ide-ide, pemikiran, dan gambaran yang kemudian membangun konsep suatu kultur atau budaya.

Istilah analisis konten tidak identik dengan studi pustaka bahkan lebih dari sekadar kajian literatur. Analisis konten adalah teknik penelitian untuk membuat kesimpulan yang dapat ditiru dan valid dari suatu teks atau hal lain yang bermakna ke konteks penggunaannya. Klaus Krippendorff menjelaskan, “content analysis is a research technique for making replicable and valid inferences from texts (or other meaningful matter) to the contexts of their use[1].”

Perbedaan yang cukup menonjol antara meta analisis dan meta sistesis dengan analisis konten adalah dalam hal jumlah hasil-hasil riset. Meta analisis dan meta sistesis menuntut secara mutlak adanya penggabungan sejumlah hasil riset untuk diperbandingkan kesamaan dan perbedaannya demi mendapatkan pengetahuan baru. Sedangkan analisis konten tidak menuntut adanya perbandingan sejumlah hasil penelitian, cukup dengan penelitian tunggal analisi konten dapat dilakukan. Akan tetapi, analisis konten menuntut adanya kebermaknaan pada konteks yang digunakan.

Demikian paparan singkat ini, semoga membuka cakrawala dan menginspirasi.

PDF, click here!

 

 

 

 

 

 

 


[1] Klaus Krippendorff, Content Analysis: An Introduction to its Methodology, (Thousand Oaks California: SAGE Publication, 2004), hlm. 18.

Wed, 15 Apr 2020 @07:06


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Daris Tamin

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2020 daristamin.com · All Rights Reserved