RSS Feed

PAT Online: Ujian Kejujuran bagi Orang Tua

Nuansa Penilaian Akhir Tahun tingkat sekolah dasar dan menengah akan berbeda dari biasanya. PAT online di musim pandemi Covid-19 adalah ujian kejujuran bagi anggota keluarga, terutama orang tua.

Pada era normal, lazimnya ujian berbasis komputer akan dilakukan di sekolah. Demi menjamin proses ujian berjalan lancar dan objektif, panitia pun menempatkan pengawas untuk memandu proses agar berjalan lancar dengan penuh kejujuran.

PAT tahun ini benar-benar berbeda. Prosesnya dilakukan secara online di rumah dan tanpa pengawas resmi dari sekolah. Padahal, instrumen penilaiannya dikonstruksi secara konvensional. Umumnya, soal berbentuk pilihan ganda dan jawaban singkat. Kedua bentuk soal ujian ini memang mudah untuk diolah. Namun, konstruksi soal seperti itu secara online dan tanpa pengawas resmi,  sangat lemah untuk menjamin siswa tidak menyontek.

Guru bisa saja mengkonstruksi instrumen ujian dengan bentuk dan proses yang lebih menjamin kejujuran. Namun, dapat dimaklumi bahwa prosesnya akan memakan waktu yang relatif lebih lama dengan biaya yang tentu lebih tinggi.

Bukan menyerah terhadap keadaan, tetapi situasi dan kondisi telah memaksa pihak sekolah untuk memercayakan pengawasan ujian kepada orang tua dan/atau anggota keluarganya. Bahasa halusnya, orang tua diminta memberikan pembimbingan dan pendampingan.

Memberikan pendampingan kepada orang tua untuk anaknya selama melaksanakan ujian, apalagi di rumah tanpa pengawas sama dengan "menyerahkan anak menjangan kepada serigala yang sedang lapar". Mungkin ungkapan ini terlalu ekstrim. Tetapi, secara psikologis, orang tua tidak akan rela membiarkan anaknya mendapatkan nilai buruk. Apalagi kesempatan untuk membantu anak sangat terbuka dan leluasa. Akibatnya, anak akan didamping dan dibimbing untuk menjawab soal ujian dengan cara memberitahu jawaban atau membiarkan anak melihat buku atau kunci jawaban.

Jika yang terjadi seperti ini, maka ikhtiar untuk membangun karakter yang bajik, luhur, dan mulia akan seperti ungkapan, "jauh panggang dari api". Ibarat membangun rumah yang tidak pernah jadi karena dibangun namun diruntuhkan kembali.

Ujian online di rumah pada era pandemi Covid-19 adalah ujian kejujuran, bukan hanya bagi anak sebagai peserta didik tapi juga bagi orang tua dan anggota keluarganya yang lain, bahkan bagi seluruh stakeholder pendidikan di masyarakat.

Ujian kejujuran adalah ujian hidup yang sebenarnya. Kapasitas muraqabah (merasa diawasi oleh Allah) akan ditakar dari indikasi kejujuran saat mendamping anak ketika ujian online tanpa pengawas dari sekolah. Inilah "new normal" yang sebenarnya, yaitu tatanan baru untuk mulai beradaptasi dengan kesadaran terhadap pengawasan Allah Yang Maha Mengawasi segala ciptaan-Nya.


Wed, 3 Jun 2020 @14:29


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Daris Tamin

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2020 daristamin.com · All Rights Reserved